Sabtu, 30 Juli 2011

MANUSIA DAN HEWAN (?)

hal ini baru aq pikirin sabtu pagi kemarin pas pelajaran fikih. kebetulan materi kali ini tenteng pembunuhan. tapi g tau kenapa tiba2 bapakx nyambung2 k nafsu gitu. katanya nafsu manusia itu ada 3 tingkat yang paling rendah yaitu Ammarah (ini bukan salah ngetik bapaknya emang nulis "M" nya 2 kok, beneran deh). konon katanya nafsu ini berhubungan dengan nafsu kita terhadap makan, minum, tidur, dll. awalnya aq bingung kenap nafsu ini d masukin k yang paling rendah. bukannya makan, minum, dan tidur itu udah jadi kebutuhan kita ya sebagai kaum manusia?
lebih bingung lagi pas bapaknya bilang kalo nafsu ini tuh kal hayawan alias kayak hewan. lho kenapa? emang sih hewan jg makan, minum dan tidur. tapi kenapa selama ini harus kaun manusia mulu yang di samain ma hewan? kenpa g hewan aja yg d samain ma manusia,, makdusnya biar hewannya gitu yang merasa terhormat sama kayak kita, kalo kita di samain ma hewan kan malu.
akhirnya aq bayangin giman kalo hewan di samain ma kita sebgai makhluk mulia


Ustadzx kambing : mbing kamu tau tidak,, nafsu kamu itu sama kayak nafsu manusia
kambing : embek..... (translit : hah?)
Ustadzz kambing : iya mbing nafsu kamu itu tuh sama kayak nafsunya para manusia
kambing : EMBEEEEKKK (translit : HAH?!)
Ustadzx kambing : EH LU TU YAK DI KASIH TAU G NGERTI2 JUGA,, UDAH USTADZ BILANG DARI TADI KAN? NAFSU KAMU TUH KAYAK NAFSUNYA MANUSIA!
kambing : *tetep g mau kalah EMBEEEEK EMBEEEK EMBEEK (translit : HAH?HAH?HAH?)

haha ini cuma ilustrasi y jd kalo da kesamaaan ma hidup kamu berarti kamu lagi sial aja,,
sekarang aq ngerti kenapa selalu kita yg di samain ma hewan kalo dah urusan yg g baik, karena pada dasarnya hewan itu bego (mav kalo da yg tersinggung) alias g pux akal jadi mau di kasih tau berapa kalipun dia g bakal ngerti sedangkan kita kan pux jd qt bisa ngerti. selain itu dgn adanya akal, kita pux kemampuan untuk mengontrol nafsu kita, kita juga bisa mnyikapi semua lebih bijak hingga kita menjadi makhluk yang lebih mulia,, so jaga nafsumu mulai dari sekarang,, bentar lagi kan juga mau puasa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar